Hubungan Dukungan Keluarga dengan Motivasi Berprestasi pada Remaja di SMAN 1 Mlarak Ponorogo

JENIS: Tugas Akhir/Skripsi
PENYUSUN: Sri Wahyuni (NIM: 031002)
FAKULTAS/JURUSAN: Kesehatan/Keperawatan
NO. LABEL: 1685/WAH/AKP/h/2006
KATA KUNCI: Remaja, Dukungan, Keluarga, Motivasi Berprestasi
ABSTRAK:
Sukses tidaknya seseorang dalam mencapai suatu prestasi dipengaruhi oleh dorongan dari dalam diri orang tersebut, dukungan keluarga terdekat/lingkungan, serta ketekunan/kerajinan yang dimiliki oleh remaja. Kondisi terebut yang menyebabkan remaja memiliki motivasi berprestasi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan antara dukungan keluarga dengan motivasi berprestasi pada remaja di SMAN 1 Mlarak Ponorogo.
Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasional dengan sample 45 responden di SMAN 1 Mlarak Ponorogo. Sampling yang digunakan adalah sampling jenuh atau total sampling. Alat ukur yang digunakan sebagai pengumpulan data adalah kuesioner yang disebarkan pada remaja di SMAN 1 Mlarak Ponorogo. Teknik analisa data menggunakan uji chi square dengan tingkat kesalahan 0,05.
Hasil penelitian terhadap 45 responden didapatkan bahwa yang mendapat dukungan keluarga dalam hal emosional, penghargaan maupun dukungan nyata (77,78 %), yang tidak mendapat dukungan (22,22 %), sedangkan yang memiliki motivasi berprestasi tinggi (77,78 %) dan yang memiliki motivasi berprestasi rendah (22,22 %). Hasil uji chi square didapatkan X² hitung 12,34 > X² tabel 3,84 yang berarti ho ditolak atau ada hubungan antara dukungan keluarga dengan motivasi berprestasi pada remaja di SMAN 1 Mlarak Ponorogo.
Hasil penelitian ini direkomendasikan untuk peneliti selanjutnya yang diharapkan menindaklanjuti tentang perbedaan antara motivasi berprestasi pada remaja yang tinggal satu rumah dengan keluarga, dengan remaja yang tinggal di rumah kos.

0 komentar: