Hubungan antara Motivasi dengan Remaja dalam Menghindari Mengkonsumsi Minuman Keras di Dusun Jati Desa Cepoko Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo

JENIS: Tugas Akhir/Skripsi
PENYUSUN: Eko Sugeng Nurwidodo (NIM: 031024)
FAKULTAS/JURUSAN: Kesehatan/Keperawatan
NO. LABEL: 1669/NUR/AKP/h/2006
KATA KUNCI: Motivasi, Perilaku Remaja, Minuman Keras
ABSTRAK:
Minuman keras merupakan minuman yang mengandung alkohol dan menyebabkan perilaku negatif seperti perampokan, tindak kekerasan, seks bebas dan masalah lain yang mengganggu ketertiban dan keamanan pada pengkonsumsinya. Untuk itu diperlukan motivasi untuk menghindari mengkonsumsinya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara motivasi dengan remaja dalam menghindari mengkonsumsi minuman keras di Dusun Jati Desa Cepoko Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo.
Desain penelitian ini adalah korelasi. Populasi penelitian ini adalah remaja Dusun Jati Desa Cepoko Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo. Jumlah sampel dalam penelitian ini ada 32 responden sesuai dengan kritera yang diinginkan. Pengumpulan data menggunakan angka tertutup dengan instrumennya kuesioner pada motivasi remaja dan perilaku remaja dalam mengindari mengkonsumsi minuman keras. Teknik analisa menggunakan chi square dengan tingkat kesalahan 0,05.
Dari hasil penelitian terhadap 32 responden didapat bahwa motivasi remaja dalam menghindari mengkonsumsi minuman keras sebanyak 15 responden (46,87 %) adalah tinggi dan17 responden (53,13 %) adalah rendah. Pada perilaku remaja dalam menghindari konsumsi minuman keras 15 responden (46,86 %) adalah positif dan 17 responden (53,13 %) adalah negatif. Hasil uji statistik chi square diperoleh hasil X² hitung > X² tabel (4,42 > 3,84) yang berarti ada hubungan antara motivasi dengan perilaku remaja dalam menghindari mengkonsumsi minuman keras. Dengan tingkat keeratan positif rendah (0,34).
Semakin tinggi motivasi remaja dalam menghindari mengkonsumsi minuman keras maka semakin baik pula perilaku remaja dalam menghindari mengkonsumsi minuman keras. Hal ini sesuai dengan teori yang menyatakan bahwa motivasi merupakan motor perilaku seseorang individu.

0 komentar: