Ensiklopedi Tarjih: Masalah Thaharah dan Shalat

JENIS: Buku teks
PENGARANG: Muhammad bin Umar bin Salim Bazamul

IMPRESSUM: Jakarta, Darus Sunnah Press, 2007

DESKRIPSI FISIK: 514 hlm.; 25 cm x 16 cm.

KEPEMILIKAN: Fakultas Pendidikan Agama Islam

NO. KLASIFIKASI: 297.03/BAZ/e (297 - MC)

TINJAUAN:

Dalam dunia fikih, perbedaan pendapat di kalangan ulama adalah hal yang biasa, karena masalah yang dikaji memberikan ruang ijtihad bagi para ulama (mujtahid) dalam menginterpretasikan dalil-dalil yang ada menurut manhaj, akal pikiran dan lingkungan masing-masing. Sehingga muncullah pendapat-pendapat ulama yang selanjutnya dinamakan dengan mahzab. Hal ini tentu saja akan berdampak pada praktek pelaksanaan amal ibadah bagi umat Islam, karena umat Islam tidak mungkin hanya menganut satu aliran mahzab tertentu.

Untuk itu, buku ini dihadirkan untuk mencoba mentarjih berbagai pendapat ulama yang berkenaan dengan masalah thaharah dan shalat. Adapun metode pentarjihan dalam buku ini lebih bersifat umum, tidak hanya berkaitan dengan beberapa dalil yag bertentangan. Penulis buku ini mencoba memaparkan masalah yang ada dengan menyebutkan dalil asasi yang bersumber dari Al-Qur’an atau hadits. Kemudian diikuti dengan perbedaan pendapat ulama yang berkaitan dengan masalah tersebut. Apabila perlu pertarjihan, maka ditutup dengan pentarjihan. Jika tidak, maka dilengkapi dengan keterangna tambahan dan beberapa jawaban atas bantahan-bantahan yang ditujukan kepada pendapat yang dapat dijadikan pegangan. Dan penulis hanya mencukupkan pendapat terkuat dalam satu masalah yang diambil dari kesimpulan para ulama.

Semoga kehadiran buku ini dapat memberikan pemahaman kepada umat Islam tentang karakteristik fikih Islam yang sarat dengan perbedaan pendapat, sehingga mereka lebih dewasa dalam menyikapi setiap perbedaan itu, dan selanjutnya mengambil dalil terkuat sebagai rujukan tanpa mencela pendapat lain.

0 komentar: