Hubungan Antara Dukungan Suami dengan Motivasi Ibu Hamil dalam Memeriksakan Kehamilan Ante Natal Care (ANC) di Wilayah Kerja Puskesmas Bathil Madiun

JENIS: Tugas Akhir/Skripsi
PENYUSUN: Ruslina Ayu Puspita Sari (NIM: 03998)
FAKULTAS/JURUSAN: Kesehatan/Keperawatan
NO. LABEL: 1661/PUS/AKP/h/2006
KATA KUNCI: Dukungan Suami, Motivasi Ibu Hamil, Pemeriksanaan Kehamilan (ANC)
ABSTRAK:
Pemeriksaan kehamilan ANC dilakukan untuk memeriksa keadaan ibu hamil dan janin secara berkala, yang diikuti dengan upaya koreksi terhadap penyimpangan yang ditemukan. Salah satu faktor yang mempengaruhi pemeriksaan kehamilan (ANC) adalah dukungan suami. Dukungan suami yang baik dapat memberikan motivasi yang baik kepada ibu dalam memeriksakan kehamilan ANC.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara dukungan suami dan motivasi ibu hamil dalam memeriksakan kehamilan ANC.
Desain penelitian adalah korelasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh ibu hamil yang diperiksa di wilayah kerja Puskesmas Bathil Dolopo Madiun. Teknik sampling menggunakan purposive sampling dengan jumlah responden 44 orang. Pengumpulan data pada dukungan menggunakan kuesioner dan pada motivasi menggunakan kuesioner, kemudian dianalisa menggunakan tes ststistik chi square dengan tingkat signifikansi P = 0,05.
Dari hasil penelitian terhadap responden pada dukungan suami didapatkan hasil yang baik sebanyak 31 responden (70,45 %) dan yang buruk sebanyak 13 responden (29,56 %). Motivasi ibu hamil dalam memeriksakan kehamilan ANC didapatkan hasil yang baik sebanyak 29 orang (65, 9 %) dan yang buruk sebanyak 15 responden (34,1 %). Pada uji statistik chi square diperoleh hasil X² hitung = 15,06 dan X tabel = 3,84 sehingga X² hitung lebih besar dari X tabel yang berarti ada hubungan antara dukungan suami dengan motivasi ibu hamil dalam memeriksakan kehamilan ANC dengan Dk = 1 dan KK = 0,50 yang berarti tingkat keeratan hubungannya cukup.
Untuk penelitian selanjutnya diharapkan menindaklanjuti tentang pengaruh motivasi pemeriksaan kehamilan ANC terhadap persalinan.

0 komentar: