Penelitian Kaji Eksperimental Pengaruh Penggunaan Zat Additive Padat Dengan Cair Terhadap Emisi Gas Buang Pada Sepeda Motor 4 Langkah


JENIS: Tugas Akhir/Skripsi
PENYUSUN: Catur Wahyu Hermawan (NIM: 03510482)
FAKULTAS/JURUSAN: Teknik/Mesin
NO. LABEL: 1912/HER/TEK/p/2007
KATA KUNCI: Zat Additive, Emisi Gas Buang
ABSTRAK:

Kendaraan merupakan salah satu sumber utama dari pencemaran udara. Terlebih lagi dengan banyaknya pemakai kendaraan bermotor yang melaju di jalan raya, jelas sekali memperparah pencemaran yang terjadi. Berdasarkan permasalahan di atas timbullah suatu ide untuk mengadakan penelitian tentang pengaruh penggunaan zat tambahan pada bensin terhadap emisi gas buang pada sepeda motor 4 langkah (4 Tak). Karena kita ketahui bersama hasil dari emisi gas buang khususnya CO dan HC sangat berbahaya bagi manusia. Adapun tempat penelitian di bengkel Automotive BLK – UKM Ponorogo, dengan alat Emission Analyzer. Variable yang diukur antara lain Carbon Monoxida (CO), Carbon Dioksida (CO2), Hydro Carbon (HC), Oksigen (O2) dan Lamda (l). Dari hasil penelitian emisi gas buang pada sepeda motor Honda NF 100 LD 100 cc, didapat hasil sebagai berikut: pada putaran 1100 rpm bensin ditambah Top One Octane Booster; CO = 2.374 %, HC = 402.2 ppm, CO2 = 2.14 %, O2 = 25 %, l =2. Pada putaran 3500 rpm bensin ditambah Top One Octane Booster; CO = 3.08 %, HC = 139.8 ppm, CO2 = 1.95 %, O2 = 23.51 %, l = 2. Pada putaran 5000 rpm bensin ditambah Top One Octane Booster; CO = 0.003 %, HC = 7.4 ppm, CO2 = 0%, O2 = 21.05 %, l = 2. Sedangkan pada putaran 1100 rpm bensin ditambah Jet – Age Engine Shield; CO = 1.79 %, HC = 201 ppm, CO2 = 2.03 %, O2 = 21.39 %, l = 2. Pada putaran 3500 rpm bensin ditambah Jet – Age Engine Shield; CO = 2.44 %, HC = 47.9 ppm, CO2 = 2.2 %, O2 = 21.48 %, l = 2. Pada putaran 5000 rpm bensin ditambah Jet – Age Engine Shield; CO = 0 %, HC = 0.4 ppm, CO2 = 0%, O2 = 17.8 %, l = 2. Pada putaran 5000 rpm untuk kedua jenis zat tambahan pada bensin yang dicampur dengan Top One Octane Booster yaitu gas CO = 0.003 % dan HC = 7.4 ppm sedangkan pada bensin yang dicampur dengan Jet Age Engine Shield yaitu CO = 0 % dan HC = 0.4 ppm. Pada intinya pengaruh penambahan zat additive padat dengan cair pada bensin sangat berpengaruh baik pada putaran 5000 rpm. Hal ini dipengaruhi oleh kompresi dalam pembakaran pada mesin sangat bagus dalam putaran tinggi.

0 komentar: